Saat Bayi Bermain Sambil Berhitung

lebaran-di-banjar
Setiap hari, bayi Anda mendapat pengetahuan baru seputar bentuk dan ukuran – misalnya menyadari kepalan tangannya terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam mulut – membuatnya ‘ahli matematika’ meski masih pakai popok.
DEMAM DANSA
Putar CD yang heboh, letakkan bayi di pinggul Anda, dan mulailah bergoyang mengikuti irama, atau bantulah dia bertepuk tangan atau tepuk-tepuk jarinya sesuai irama.
Yang dipelajari anak: Bergoyang dan bertepuk tangan mengikuti irama membantunya mengenali pola berulang dalam musik, yang oleh banyak pakar diyakini sebagai bahasa matematika. Plus, ia punya pasangan berdisko yang asyik, yaitu Anda!

MAKANAN YANG BAIK
Saat mengemil, ambil segenggam biskuit bayi untuk Anda sendiri, lalu bandingkan bagian Anda dengan bagiannya: “Kue Mama lebih sedikit dibanding Emma.” Anda juga bisa mengomentari siapa yang punya cangkir susu yang lebih tinggi, potongan keju yang lebih kecil, atau irisan pisang yang lebih panjang.
Yang dipelajari anak: Bayi itu sudah bisa belajar perbandingan seperti lebih dan kurang atau lebih tinggi dan lebih pendek. (Bisa-bisa Anda takjub melihat betapa cepatnya bayi Anda bisa tahu kalau kue Mama lebih besar – dan dia mau yang itu.)

WAKTUNYA BERSAJAK
Sekitar usia satu tahun, perkenalkan sajak anak-anak klasik yang berhubungan dengan menghitung, seperti ‘One Potato, Two Potato.’ Untuk menghidupkan sajak ‘Five Little Monkeys,’ letakkan bayi Anda dalam boks bersama lima boneka binatang kesukaannya. Ia boleh melempar satu binatang ke luar boks setiap kali Anda menyebutkan, “Satu jatuh dan kepalanya benjol!” Begitu dia melempar ‘monyet’ kelima dari boks, pasti deh dia tertawa geli.

Yang dipelajari anak: Sajak yang menggunakan bilangan atau melibatkan hitung-hitungan akan membangun dasar matematika si kecil

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: