PEMULIHAN USAI PERSALINAN NORMAL


Nyeri akibat persalinan masih tersisa? Oh, itu bukan halangan bagi ibu untuk melakukan gerakan-gerakan pemulihan. Meski tampaknya sederhana, namun gerakan-gerakan pemulihan banyak manfaatnya. Antara lain memperbaiki peredaran darah (terutama di kaki), menguatkan dan merelakskan otot-otot perut, kaki dan punggung. Latihan ini mendorong kondisi ibu untuk cepat pulih sehingga dapat kembali beraktivitas seperti biasa.
Lakukan dengan relaks dan percaya diri bahwa ibu sanggup melaksanakannya. Untuk itulah diperlukan niat karena tanpa adanya itu, kiat semujarab apa pun tidak akan “berlaku”. Sebaliknya, dengan niat yang kuat, latihan-latihan di bawah ini akan langsung bisa terasa manfaatnya.
Selamat mencoba!
Gazali Solahuddin
Model: Shinta, Foto-Foto: Agus/nakita
PERSALINAN NORMAL

Tahap I (20 menit)
Enam jam setelah melahirkan, ibu bisa melakukan gerakan-gerakan berikut:
1. Dalam keadaan telentang, tekuk kedua kaki, pegangi perut dengan kedua tangan. Kerutkan pantat, kempiskan perut (dengan menariknya ke arah dalam) sambil buang napas, tekan punggung ke dalam. Tarik napas, kembali ke posisi awal.

2. Dalam keadaan telentang, luruskan kedua kaki. Gerakkan (cuma sebatas pergelangan kaki), ke depan ke belakang, miring kanan dan kiri, putar.

3. Dalam keadaan telentang, tekuk kedua kaki, telapak kaki menyentuh kasur, tangan di depan dada, ambil napas, angkat badan dan kepala (mengangkat badan semampunya). Buang napas, turunkan kembali.

4. Dalam keadaan telentang, lakukan gerakan mengerutkan otot pantat, lepas, kerutkan kembali, lepas, dan lakukan kontraksi otot-otot dasar panggul.

5. Dalam keadaan telentang, tekuk kedua kaki, letakkan tangan di samping badan, angkat pantat sedikit ke atas, gerakkan ke kanan dan ke kiri.

6. Posisikan tubuh miring saat berbaring di pinggir tempat tidur, angkat badan, duduk, ayun-ayunkan kaki beberapa menit ke kiri dan kanan lalu berdiri tegak. Lihat postur tubuh di kaca dan usahakan tubuh selalu tegak. – Untuk relaksasi, tidur tengkurap 2 kali sehari minimal 1,5 jam. Kalau perlu, bagian perut boleh diganjal bantal

Tahap II (20 menit)
Minggu kedua setelah melahirkan atau 1-2 hari kemudian, setelah badan lebih fit dari sebelumnya, lakukan gerakan berikut:
1. Dalam posisi telentang, ambil napas, tarik satu kaki hingga menekuk sambil buang napas dari mulut, sementara kaki satunya tetap lurus. Tekuk kaki yang lurus sambil ambil napas, dan luruskan kaki yang menekuk sambil buang napas. Lakukan bergantian.

2. Dalam posisi telentang, tekuk kedua kaki. Letakkan tangan di samping badan. Ambil napas, angkat pantat ke atas hingga rata dengan dada. Buang napas, sambil kembali ke posisi semula.

Tahap III (20 menit)
Minggu ketiga setelah melahirkan, atau dua minggu setelah melahirkan, ibu bisa melakukan gerakan-gerakan ini namun sebelumnya cek otot perut dahulu. Apakah sudah rapat atau belum (dengan menekankan dua jari ke perut) atau konsultasikan gerakan ini pada dokter sebelumnya.
1. Saat BAK. Lakukan; tahan BAK, keluarkan, tahan kembali. Lakukan hal ini setiap kali BAK sampai BAK selesai.

2. Tidur telentang. Tekuk kedua kaki, angkat tangan, ambil napas sambil julurkan tangan ke arah lutut hingga badan terangkat. Buang napas, turun dan kembali ke posisi awal.

3. Tidur telentang. Tekuk kedua kaki, ambil napas, julurkan satu tangan kanan ke arah lutut kiri (tangan kiri di samping badan) hingga badan bagian kanan terangkat, buang napas, kembali ke awal. Lakukan gerakan yang sama untuk sisi sebelah kiri.

Tahap IV
Minggu keempat atau 15 hari setelah melahirkan, ibu bisa melakukan:- Senam atau olahraga apa saja untuk membentuk tubuh.
Gazali Solahuddin
Narasumber: Dra. Irawati. Ch. Dipl. Pt, dari klinik Pela 9, Jakarta (selama masa bakti di RSAB Harapan Kita, Jakarta, kerap mendampingi ibu-ibu berlatih gerakan-gerakan ini agar bisa cepat pulih setelah melahirkan)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: